Sabtu, 14 April 2012

Hipnosis

HIPNOSIS

      Hipnosis, sebuah metode klasik, yang kini digunakan beberapa terapis untuk mengobati kejiwaan pasiennya. Dari pengobatan kecanduan rokok, sampai yang mengalami trauma psikologi. Metodologi yang bagaikan pisau bermata dua, karena kerap memunculkan stigma negative akibat digunakan untuk kejahatan.
      Taukah anda, gelombang otak manusia mudah sekali dimanipulasi. Itulah yang di pakai beberapa media iklan untuk mempromosikan produknya, yang berdampak membuat orang ingin mencoba produk itu.
      Otak manusia memancarkan 4 frekuensi untuk setiap kondisi.
*     Gelombang Delta (0,1 – 4 Hz), dialami saat tidur nyenyak tanpa mimpi.
*     Gelombang Teta (4 – 8 Hz), saat meditasi atau tidur dengan mimpi.
*     Gelombang Alfa (8 – 12 Hz), kondisi kesadaran naik. Pikiran hanya bisa terpusat pada satu perhatian.
*     Gelombang Beta (lebih dari 12 Hz), memungkinkan ia mencurahkan pikiran ke banyak hal, meski dengan mata  terbuka. Pada kondisi inilah, kita bisa membaca sambil mendengar musik, bahkan sambil ngemil sekalipun.

Step-by-step Telapi Pagi
      Terapi Hipnosis dengan audio (tahap pre-induction)
Langkah 1: Inti dari step pertama ini sebetulnya untuk membrainwash dengan memasukkan stimulus dalam alam bawah sadar anda melalui audio, kemudian akan diterima saraf sensorik khususnya pendengar ke pikiran anda sehingga nanti bisa ditranslasikan jadi perintah motoric dari pikiran untuk dilakukan pada diri anda.
      Caranya dengan memutar audio motivasi misalnya dari Mario Teguh, Andrie Wongso, I Gede Brahma, atau yang lainnya sebelum anda tidur. Ingat sebelum anda tidur. Biarkan Hp/tape/mp3 player anda memutar audio itu meskipun anda telah terlelap. Fase ini dilakukan disaat gelombang otak di fase 0,1 – 8 hz.

      Terapi Hipnosis dengan sugesti (tahap induction)
Langkah 2: Lakukan hypnosis saat relaks. Caranya:
Belajarlah bermeditasi, manfaatkan ini tepat setelah anda bangun. Dalam suasana hening akan lebih baik. Caranya, duduklah diam besila, pejamkan mata anda. Kendalikan setiap hembusan nafas anda. Ingat, bernafaslah dengan hidung. Perlahan temukan ritme nafas anda, lama-lama pasti bisa. Ingat juga, berkonsentrasilah pada setiap tarikan nafas anda, focuskan fikiran anda pada hal itu.
      Pada dasarnya, dasar hypnosis ini adalah suatu seni berkonsentrasi  yang mengarah pikiran kita menuju suatu kondisi relaksasi sehingga gelombang otak subjek perlahan akan turun dan mulai memasuki wilayah gelombang alfa. Setelah itu, ia akan relaks secara mental namun perhatiannya menjadi lebih sempit dan lebih focus sehingga hanya tertuju pada satu stimulus tertentu saja.



Langkah 3: hipnosis tidak akan berhasil bila kondisi negative. Maka tahap pre-induntion tadi selain membrainwash otak anda juga membebaskan pikiran negatif anda. Setelah itu, berikan sugesti hypnosis anda. Umumnya, setelah dua langkah otak sudah mampu mentranslasikan perintah baru buat diproses. Makanya akan lebih baik bila sudah tahap induksi ini, dimasukan dotrin baru, perintah hipnosis buat diri anda.
      Sekali lagi, hypnosis tidak akan berhasil bila ada kondisi negatif dalam hipnosisnya. Artinya dengan kata lain, sugesti tidak boleh menggunakan kata “tidak”. Umpama, ketimbang berkata, “saya tidak boleh mencintainya”, lebih baik “saya harus melupakannya”. Hypnosis yang menggunakan kritikan dan banyak menyalahkan tidak akan sukses. Sebab, secara bawah sadar perilaku negatif tidak akan berubah jika masukan yang diberikan negatif.

Langkah 4: Rajinlah untuk sarapan pagi. Setelah memperbaiki sisi kejiwaaan, akhirnya sisi hipnosis anda dengan memperkuat jasmani anda.
Lakukan trik ini sekaligus, tiap hari, ingat tiap hari berturut-turut. Kemudian perhatikan perubahan yang terjadi dalam diri anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar